Penasaran kenapa orang Italia memiliki badan yang ideal,ternyata mereka melakukan gaya
hidup sehat yang dinamakan dengan Mediterranean Diet atau diet Mediterania.
Diet Mediterania adalah istilah yang diambil dari kebiasaan orang makan
orang-orang dari negara-negara di sekitar laut Mediterania. Hal ini sebenarnya
bukanlah seperti diet pada umumnya, meskipun bagus untuk kesehatan dan
menurunkan berat badan.
Namun ini sebenarnya lebih tepat disebut dengan gaya hidup,
yang meliputi makanan, kegiatan dan sebagainya. Cara atau kebiasaan makan orang
Mediterania ini telah diteliti oleh para ilmuwan, dan dianggap sebagai cara
hidup yang paling sehat di seluruh dunia. Selain menyehatkan, ternyata diet ini
juga mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Itulah salah satu penjelasan
Ervina M.Sc, pada seminar Mediterranean Diet yang diadakan dalam Pekan Masakan
Italia di Istituto Italiano di Cultura.
“Ternyata penelitian menyatakan orang Italia dapat langsing
karena mereka mengonsumsi pasta, ditambah dengan ikan, gandum, lemak baik, dan
wine merah” ujar Ervina dalam seminar Mediterranean Diet belum lama ini. Ternyata
hidup dengan budaya makan Mediterranean memiliki berbagai hal yang spesial. Di
samping tidak mengonsumsi daging merah serta produk susu dan turunannya, orang
Italia senang memasak untuk makan bersama. Saat makan, musik dan tarian juga
menjadi sebuah tradisi yang harus dilakukan untuk menghangatkan suasana
keluarga. Makanan yang mereka konsumsi juga dibuat dari bahan-bahan yang segar
sehingga selain menyehatkan, kuliner
asli Italia ini terasa nikmat.
“Orang Italia memiliki kebiasaan makan yang unik. Mereka
senang makan bersama diiringi dengan musik, bernyanyi hingga menari bersama.
Hal ini meningkatkan aktivitas fisik dan hubungan sosial antar masyarakat” terang
Ervina, peneliti dari Indonesian Intenational Institute for Life
Science. Ervina juga menceritakan bahwa pola hidup ini juga diikuti oleh
masyarakat yang berada di sekitaran laut Mediterranean, seperti bagian selatan
Italia, pantai selatan Spanyol, masyarakat Yunani serta bagian utara benua
Afrika. Karena keberagaman dan kebudayaannya, akhirnya Mediterranean
Diet dikukuhkan sebagai Intangible
Cultural Heritage of Humanity oleh United Nations Educational, Scientific and
Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2010.
